Kamis, 03 Juli 2014

RPP 2013 SMP (Bahasa Jawa)

Contoh!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP Negeri
Kelas/ Semester           : VII/ 1
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Materi Pokok              : Teks Cerita Rakyat
Tema                           : Sejarah/ Foklor
Jumlah Pertemuan       : 2x pertemuan

A.    Kompetensi Inti
K I 1    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K I 2    Menghargai dan menhayati perilaku jujur, disilin, tanggung jawab, peduli ( toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
K I 3    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu penhetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
K I 4    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang / teori.

B.     Kompetensi Dasar
1.1              Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa sebagai bahasa Ibu.
1.2              Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa Bahasa Jawa dengan memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi/bahasa pergaulan etnik
2.1       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi berbagai hal atau kejadian dengan santun bahasa Jawa yang sesuai
2.2       Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam berinteraksi sosial dengan menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan tingkat tutur bahasa Jawa
3.3       Memahami teks cerita rakyat
4.3       Menceritakan kembali isi teks cerita rakyat dengan ragam ngoko

C.    Indikator Pencapain Kompetensi
1.      Membaca teks cerita rakyat
2.      Menemukan kata-kata sulit dalam cerita rakyat
3.      Menjawab pertanyaan dari cerita rakyat yang dibaca
4.      Menemukan isi/amanat cerita rakyat
5.      Menuliskan ringkasan bacaan dalam ragam krama
6.      Menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sehari-hari

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa mampu membaca teks cerita rakyat
2.      Siswa mampu menemukan kata-kata sulit dalam cerita rakyat
3.      Siswa mampu menjawab pertanyaan dari cerita rakyat yang dibaca
4.      Siswa mampu menemukan isi/amanat cerita rakyat
5.      Siswa mampu menuliskan ringkasan bacaan dalam ragam krama
6.      Siswa mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan bahasa sehari-hari

E.     Materi Pembelajaran
·         Teks cerita rakyat tentang sejarah/ foklor disekitar ragam krama (Endang Nawangsih)


Endang Nawangsih

Kacariyos wonten ing Dhusun Canditoro wonten satunggaling prawan ingkang sulistiya ing werni, luhur bebudinipun ugi tansah sumedya paring pitulung dhumateng sanesipun, ingkang asmanipun Endang Nawangsih. Endang Nawangsih menika remen nenanem taneman janganan, teh kaliyan kopi, pawadanipun taneman menika saged damel warga sakiwa tengenipun ingkang boten gadhah ugi mbetahaken pitulungan.
Enjing menika nalika Endang Nawangsih taksih manen sawi, kepanggih kaliyan jejaka bagus ingkang asmanipun Citrasoma, putranipun Raja Hajipamoso panguwaos Pengging, ingkang nembe niti priksa wewengkon ramanipun kaliyan ngenggar-ngenggar manah wonten mriku. Saking pepanggihan menika, Citrasoma dados kesengsem dhumateng Endang Nawangsih. Pramila nalika kondur wonten ing Pengging, Citrasoma boten caos palapuran ngengingi kahanan wewengkon ramanipun, ananging malah ngandharaken pepenginanipun krama kaliyan Endang Nawangsih.
Semanten ugi Endang Nawangsih nalika dumugi dalem, age-age matur kaliyan Ki Ageng Pantaran menawi wau kepangggih klawan Citrasoma, dereng ngantos diwangsuli dening Ki Ageng Pantaran, Citrasoma, Raja Hajipamoso, kaliyan Syeh Maulana malah sampun dumugi mriku. Kanthi sedya badhe nglamar. Mesthi kemawon Endang Nawangsih kaget sanget, dereng ngantos gantos dinten kok Citrasoma sampun dumugi wonten ing dalem. Nanging Endang Nawangsih banjur kelingan menawi putranipun Raja Pengging menika pancen misuwur kasektenipun, kagungan ajian Angin Selaksa, ingkang saged kangge ngrampungaken ayahan ugi mlayu kang rikat.
Endang Nawangsih matur kaliyan Raja Hajipamoso menawi purun nampi lamaran menika sawise Citrasoma saged damel tuk ing Dhusun Canditoro. Mireng ature Endang, Citrasoma banjur bidhal saking mriku saperlu tapa.
Sajroning tapa Citrasoma dipunganggu dening 457 jin kaliyan 678 lelembut, ananging bola-bali amargi sekti pramila jin kaliyan lelembut wau saged dipunkalahaken dening Citrasoma, ugi dados ngrencangi Citrasoma. Anggenipun tapa Citasoma pitung dinten dangune, ugi boten muspra, nggrojog toya wening saking lerengipun Redi Merbabu tumuju dhateng dhusun Canditoro. Endang Nawangsih kaliyan Ki Ageng Pantaran nggumun ngertos kasektenipun Citrasoma.
Tiyang sadesa banjur nemoni Citrasoma ingkang taksih tapa. Sedaya padha maringi pangalembana dhumateng Citrasoma, nanging nadyan dipunalaem Citrasoma boten dados kumalungkung, malah saya andhap asor. “Kula boten nyipta tuk menika, “wangsulane Citrasoma kanthi alus. “Nanging menika sedaya peparingan saking Gusti kang Maha Asih, sanesipun ugi saking donga pangestunipun Ki Ageng Pantaran.”
Mireng ature Citrasoma kados menika, Ki Ageng Pantaran dados trenyuh, wonten putranipun raja tur sekti kok nggih andhap asor sanget. Wusananipun Ki Ageng Pantaran paring idin menawi Endang Nawangsih saged dipunpundhut kaliyan Citrasoma. Kanthi wiwit manika Dhusun Canditoro dipungantos dados Dhusun Pantaran.

-CUTHEL-
“Kapethik saka kumpulan crita rakyat Jawa Tengah, kaca 30-34”

Kata-kata yang dianggap sukar dalam teks :
Sulistya                       : ayu
Sumedya                     :
Pawadanipun              :
Wewengkon                :
Misuwur                      :
Muspra                        :
Kumalungkung           :

F.     Alokasi Waktu
·         2x pertemuan

G.    Metode Pembelajaran
·         Metode Tanya Jawab
·         Metode Diskusi
·         Presentasi
H.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama

Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa merespon salam dari guru
·         Siswa menyimak penjelasan guru mengenai komtensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa diberi pemahaman tentang cerita rakyat

Kegiatan Inti
·         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok secara berpasang-pasangan.
·         Guru membagikan wacana cerita rakyat yang berjudul “Endang Nawangsih” kepada setiap kelompok.
·         Siswa membaca wacana cerita rakyat yang berjudul “Endang Nawangsih” kemudian menemukan kata-kata sulit yang terdapat pada teks.
·         Siswa dengan bantuan guru membahas dan mengartikan kata-kata yang dianggap sulit yang terdapat dalam teks cerita rakyat “Endang Nawangsih”
·         Siswa bersama pasangannya menjawab pertanyaan yang sudah disediakan tentang isi wacana cerita rakyat “Endang Nawangsih”, dan berdiskusi membuat tanggapan/amanat tentang isi wacana cerita rakyat Endang Nawangsih yang sudah dibaca. Setelah selesai menjawab pertanyaan, jawaban dibahas bersama guru.
·         Siswa bersama pasangannya menuliskan kembali (meringkas) teks cerita rakyat dalam ragam bahasa krama.
·         Setelah selesai hasil pekerjaan ditukarkan kepada kelompok lain dan dikoreksi kelompok lain dengan bantuan guru dengan memperhatikan EYD, Unggah-ungguh basa, dan diksi. Kemudian dikumpulkan kepada guru.
·         Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai kesulitan dan hambatan yang dialami saat melakukan pembelajaran ini.


Kegiatan Penutup
·         Siswa bersama guru menemukan amanat yang terkandung dalam bacaan cerita rakyat Endang Nawangsih.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran.
·         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran masih seputar cerita rakyat.


Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
·         Siswa merespon salam dari guru
·         Siswa menyimak penjelasan guru mengenai komtensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Guru merefleksi pelajaran sebelumnya tentang menulis ringkasan cerita rakyat Endang Nawangsih.

Kegiatan Inti
·         Siswa membaca teks cerita rakyat Endang Nawangsih untuk memancing ingatan.
·         Siswa bersama pasangan dengan atau tanpa guru berdiskusi tentang teknik atau cara menceritakan kembali.
·         Guru membagikan lembar penilaian menceritakan kembali
·         Perwakilan setiap kelompok menceritakan kembali didepan kelas mengenai cerita rakyat Endang Nawangsih dengan bahasa sehari-hari.
·         Disaat yang  bersamaan kelompok lain memberikan nilai pada setiap perwakilan kelompok yang maju pada lembar kertas yang sudah disediakan.
·         Guru dan siswa melakukan tanya jawab mengenai kesulitan dan hambatan yang dialami saat melakukan pembelajaran hari ini.
·         Guru memberikan reward kepada kelompok yang berkinerja baik.

Kegiatan Penutup
·         Siswa bersam guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.
·         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran.

I.       Penilaian
a.       Penilaian Proses

1.      Sikap Spiritual
a.    Teknik Penilaian           : observasi
b.    Bentuk Instrumen         : lembar observasi
c.    Kisi-kisi                        :

No.
Sikap/nilai
Butir Instrumen
1.



2.
Terbiasa berdoa kepada Tuhan Maha Esa sebelum peserta didik melaksanakan pembelajaran teks  cerita rakyat.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai sarana menyajikan teks cerita rakyat.
o   Terbiasa berdoa




o   Terbiasa bersyukur

      Instrumen Penilaian Sikap Spiritual
      Nama                     : _______________
      Kelas                     : _______________

Sikap/nilai
Skor
1
2
3
4
1.    Berdoa sebelum dan sesudah mempelajari teks cerita rakyat.

2.    Mengucapkan rasa syukur setelah mengerjakan tugas teks cerita rakyat.




     
Keterangan:
1 = tidak pernah                 3 = sering
2 = kadang-kadang            4 = selalu

2.      Penilaian Sikap Sosial
a.         Teknik Penilaian        : Pengamatan
b.        Bentuk Instrumen      : Lembar Observasi
c.         Kisi-kisi                     :
A.    Penilaian sikap sosial untuk diskusi
No.
Nilai
Deskripsi
No. Butir
1
Menghargai orang lain
Menghargai  pendapat orang lain
1
2
Jujur
Mengekspresikan gagasan dengan jujur
2
3
Disiplin
Mengikuti kegiatan diskusi dengan disiplin
3
4
Kesantunan
Menyampaikan pendapat dengan bahasa ragan ngoko dengan santun
4


B.     Penilaian sikap sosial dalam kegiatan menanggapi hasil karya teman dn berkarya
      Objek : teks narasi tentang peristiwa atau kejadian
No.
Nilai
Deskriptor
No. Butir
        1.             
Jujur
Menunjukkan sikap jujur dalam menanggapi karya teman
1
Menunjukkan sikap jujur dalam berkarya
2
        2.             
Santun
Bersikap santun dalam menanggapi karya teman
3
Bersikap santun dalam berkarya
4

Lembar Pengamatan Sikap Sosial untuk Kegiatan Menanggapi Karya dan Berkarya

      Nama                     : ______________________________
      Kelas                     : ______________________________

      Petunjuk:
      Berilah tanda silang (X) sesuai dengan kondisi peserta didik. (Diisi oleh guru)

No.
Pernyataan
Pilihan
Ya
Tidak
   1.             
Menghargai orang lain dalam menanggapi karya teman


   2.             
Menghargai orang lain dalam berkarya


   3.             
Bersikap disiplin dalam menanggapi karya teman


   4.             
Bersikap disiplin dalam mengungkapkan isi cerita rakyat.



      Pedoman Penskoran:
      Pilihan “Ya” diberi skor 1, sedangkan pilihan “Tidak” diberi skor 0. Karena soal
      berjumlah 4 butir, maka jumlah skor berkisar antara 0 sampai 4.



     LEMBAR PENGAMATAN SIKAP

No
Nama
Toleransi
Jujur
Disiplin
Santun
Ket
1.
Dian
v
v
v
V
4
















3.       Pengetahuan
              a.     Teknik Penilaian                      : Tes
              b.      Bentuk Instrumen                  : Tes Uraian
              c.      Kisi-kisi                                  :


No.
Indikator
No. Butir
  1.  
Mengidentifikasi isi teks wacana cerita rakyat.
1-4
  1.  
Menceritakan kembali isi teks cerita rakyat dengan bahasa sehari-hari.
1

      Instrumen Penilaian Pengetahuan (K3)

      Nama         : ______________________________
      Kelas         : ______________________________

      Soal :
      A. Isenana ceceg-cecek ing ngisor iki kanthi trep!
1. Salebeting cariyos ing nginggil wonten pinten paraga? Sinten kemawon?
2. Sinten asma ramanipun Citrasoma?
3. Punapa ingkang dados panyuwunanipun Endang Nawangsih dhateng    Citrasoma?
4. Kados pundi wewatakipun Citrasoma punika?
5. Piweling punapa ingkang saged dipun pendhet saking cariyos ing nginggil?

Kunci Jawaban:
1.      Wonten 5 paraga. Endang Nawangsih, Ki Ageng Pantaran, Citrasoma, Raja Hajipamoso, kaliyan Syeh Maulana.
2.      Raja Hajipamoso.
3.      Ingkang dados panyuwunanipun Endang Nawangsih dhateng Citrasoma inggih menika damel tuk ing dhusun Canditoro.
4.      Wewatakipun Citrasoma yaiku andhap asor, bekti marang wong tuwa, sekti.
5.      Piweling ingkang saged dipun pendhet saking cariyos Endang Nawangsih yaiku tulung tinulung, dadia wong kang andhap asor, bekti marang wong tuwa, syukur marang Gusti.

Pedoman Penyekoran
-          Soal nomor 1-4 bobot poin 5.
-          Soal nomor 5
o   10 poin jika amanat sesuai dengan cerita.
o   5 poin jika amanat kurang sesuai dengan cerita.
o   2 poin jika amanat tidak sesuai dengan cerita.
-          Setelah itu semua poin dijumlahkan dibagi 3. Hasil pembagian, itulah skor akhir.
-         Nilai Akhir                        :

4.      Keterampilan

a.    Teknik Penilaian           : Tes praktik
b.    Bentuk Instrumen         : Tes uji petik kerja dan produk
c.    Kisi-kisi                        :

No.
Indikator
No. Butir
1.

Menulis ringkasan cerita rakyat “Endang Nawangsih”

1
     
      Instrumen Penilaian Keterampilan (K4)
      Nama         : ______________________________
      Kelas         : ______________________________
     
Soal:





        1.Tulisen kanthi ringkes crita rakyat “Endang Nawangsih” nganggo basamu krama !
           
            No.
Aspek yang dinilai

Kriteria

1

2

3

4

1
Pilihan kata

 

 

 

 

2
Keutuhan cerita

 

 

 

 

3
Ejaan dan tanda baca

 

 

 

 

4
Keefektifan kalimat

 

 

 

 


      Keterangan:
4 = Sangat Baik                                        2  = Cukup
3 = Baik                                                    1  = Kurang

Penghitungan nilai akhir :       Nilai akhir :     skor yang diperoleh
                                                                    ----------------------------  X 100
                                                                    Skor maksimal


1.      Menceritakan Kembali


No.

Instrumen
Kelompok

Ket.
1
2
3
4
5
dst
1.
Kelancaran berbicara







2.
Ketepatan intonasi, lafal, dan jeda







3.
Unggah-ungguh bahasa yang digunakan








Jumlah Skor







Catatan :


Skor setiap instrumen : 1- 4
Skor maksimal : 12
Nilai Akhir                  : x 100





Tidak ada komentar:

Posting Komentar